Sejarah Sayang Maha Mertha Hotel

Sejarah Sayang Maha Mertha Hotel ,Bali yang dikenal memiliki banyak keunikan dan aktifitas traditional penduduknya, merupakan daya tarik yang tiada habisnya bagi wisatawan. Kuta yang tak kalah menariknya mempunyai pesona dan keindahan alam pasir putih dan sunsetnya yang merupakan aset yang tak ternilai harganya dalam pengembangan wisata bernuansa alam yang indah. Dengan potensi yang ada cukup menjanjikan sehingga menggugah hati seorang Ibu rumah tangga yang bernama Ibu Nyoman Sayang Lilahati untuk mendirikan sebuah penginapan  Tepatnya pada tanggal 5 Agustus 1980 penginapan ini didirikan bentuk bangunannya hanya satu buah bangunan memanjang yang terdiri dari bagian-bagian kamar yang berjumlah 11 buah dan hanya dilengkapi dengan fasilitas sederhana pula, kemedian penginapan ini diberi nama Sayang Beach Lodging nama penginapan diambil sesuai dengan nama pemiliknya. Lokasinya di kawasan pariwisata Kuta, tepatnya Jalan Melasti Legian Kelod yang berjarak kira-kira 100 meter dari pantai tersohor legian.

Kolam renang Sayang Maha Mertha

Kuta pada saat itu sangat didukung dengan faktor lingkungan yang sangat indah dan ramah dan tidak begitu sibuk dengan aktifitas manusia. Membuat pelaku pariwisata pada saat itu berkembang dengan cukup baik, termasuk penginapan Sayang Beach Lodging mendapat tempat di hati tamu,terutama tamu mancanegara sehingga tingkat hunian kamar cukup bagus. Selain faktor lingkungan tadi juga sangat di dukung oleh tingkat kompetisi dagang pada saat itu tidaklah terlalu tinggi.Pelayanan karyawan juga mengedepankan sistem kekeluargaan sehingga membuat kesan tersendiri pada tamu.

Dengan luas 3400 meter persegi jumlah tersebut tidaklah terlalu banyak, kemudian pada tahun 1981 dibangun lagi lima unit kamar , dimana kamar ini dilengkapi dengan kipas angin, kamar mandi dengan shower yang memungkinkan penjualan yang lebih tinggi dari kamar sebelumnya.Dan menjelang akhir tahun 1982 dibangun lagi 3 kamar yang sama. Untuk melengkapi fasilitas pendukung dalam suatu penginapan kemudian pemilik mendirikkan 1 buah restaurant dengan kapasitas 20 orang tempat duduk yang menyajikan beberapa menu dari Erofa dan Indonesia. Ternyata hadirnya restaurnat mendapat sambutan yang cukup antusias dari para tamu.Dan secara berturut turut  pada tahun 1990-1992 dibangun 14 unit kamar yang ukuranya sedikit lebih besar dari kamar sebelumnya, dan juga dari segi fasilitas kamar ini dilengkapi dengan shower dan bathtube.

Seiring dengan tuntutan pasar dan semakin kompetitifnya bisnis pariwisata, tidaklah mudah untuk memasarkan dengan fasilitas yang ada maka untuk mampu tetap eksis atau paling tidak bertahan dalam persaingan yang semakin ketat dalam lingkungan yang berubah sangat cepat , maka perusahaan mulai melakukan perbaikan-perbaikan termasuk juga  pada awal bulan agustus 1992 di bangun satu buah swimming pool ,untuk penunjang fasilitas hotel, beberapa elemen penunjang berupa tanam-tanaman yang beerbetuk taman ditata dengan baik

Kemudian pada bulan Maret 1994 dibangun 2 buah bungalow,dimana fasilitasnya dengan kipas angin , private kamar mandi dengan air hangat, telephone, minibar, juga dengan

TV.Bungalow ini ditata dalam bentuk yang artistik dengan nuansa kebun di tengah ruangan, yang menonjolkan sentuhan alam terbuka.

Pada Tahun 1995 untuk memberikan pilihan yang fariatif kepada konsumen di bangun lagi 8 unit kamar ukuran yang lebih besar dari kamar –kamar sebelumnya yang di kategorikan Deluxe Sayang  room dimana fasilitasnya dilengkapi dengan AC, private kamar mandi dengan air hangat,telephone minibar dan juga dengan TV.

Pada tahun 1996, karena ada peraturan baru dari dinas pariwisata untuk mengganti semuan nama perusahan yang berbahasa asing menjadi Bahasa Indonesia maka Nama Penginapan Sayang Beach Loging di ganti mejadi Sayang Hotel Maha Mertha dan dengan klasifikasi  Hotel kategori Melati 3.

Di tahun 1996,1997 ,1998 secara berturut –turut dibangun 15 kamar ukuran sedang yaitu pada tahun 1996 sebanyak 6 kamar, tahun 1997 2 kamar dan pada tahun 1998 sebanyaik 7 kamar. Dan secara berkala diadakan renovasi pada unit-unit bangunan yang sudah cukup tua, dan di tambah dengan beberapa fasilitas pendukung di semua kamar-kamar tersebut, secara umum kapasitas, kwalitas dan fasilitas akomodasi dan restaurant terus di kembangkan.

Pada Tahun 2007 di bangun 5 kamar superior , 2 kamar Fan ,2 buah kantor manajemen  perombakan dan perluasan areal restaurant juga kitchen dengan penataan yang lebih baik untuk menampung 100 orang dan juga mempercantik signboard Sayang Maha Mertha Hotel.

Pada Tahun 2010 juga terjadi perombakan kamar fan sekaligus bangunan ditingkatkan menjadi tingkat 3 dengan total jumlah kamar menjadi 30 kamar fan.dan pada tahun 2011 juga di bangun lagi 10 kamar suite . kemudian pada tahun 2012 kamar fan lama dikembangkan menjadi kamar superior 17 kamar dan 1 kamar recident suite .

Yang menarik dari Hotel Sayang Maha Mertha ini yang menjadi tujuan wisatawan Nusantara dan Mancanegara adalah lokasi yang cukup strategis di kawasan legian Kuta, yang jaraknya kurang lebih 3 menit dari pantai tersohor Legian, jarak tempuh hanya 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai, pilihan kamar yang cukup pariatif dengan harga yang cukup bersaing, pelayanan 24 jam dengan mengedepankan pelayanan kekeluargaan

Jadi jumlah keseluruhan kamar yang tersedia sampai sejarah hotel ini dibuat adalah sebanyak 105 kamar,di mana dari segi fasilitas jumlah kamar tersebut di bagi menjadi 5 kategori, yaitu:

  1. Deluxe Room, sebanyak 21 kamar.
  2. Bungalow Room, sebanyak 1 kamar.
  3. Superior Room, sebanyak 31 kamar.
  4. Fan Room , sebanyak 52 kamar.
  5. Kamar Tidur bertingkat sebanyak 12 bed

Kami merupakan salah satunya Agent Asri Bali Tours yang dipercaya untuk mempromosikan Hotel Sayang Maha Mertha maka bagi para wisatawan yang ingin mencari atau mau booking hotel di Sayang Maha Mertha bisa melalui kami atau kontak kami .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *